Letak Astronomis

Advertisement
Yang dimaksud letak astronomis ialah letak suatu tempat dihubungkan dengan posisi garis lintang dan garis bujur, yang akan membentuk suatu titik koordinat. Garis lintang ialah garis-garis paralel pada pola bumi yang sejajar dengan ekuator (khatulistiwa). Jadi, lintang utara (LU) berarti semua posisi atau tempat yang terletak di sebelah utara ekuator, sedangkan lintang selatan (LS) berarti semua posisi atau tempat yang terletak di sebelah selatan ekuator. 

Jarak antar lintang diukur dengan satuan derajat. Lintang terendah adalah 0o (ekuator) dan lintang tertinggi adalah 90o (kutub utara dan kutub selatan). Yang dimaksud garis bujur (meridian) ialah semua garis yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan, tegak lurus pada garis lintang. Semua meridian adalah setengah lingkaran besar. Banyak sekali meridian dapat ditarik, namun agar tidak terlalu rapat, dibuat tiap 15o. 

Letak astronomis Indonesia, yaitu terletak pada 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT. Letak astronomis yang demikian itu menunjukkan bahwa Indonesia terletak di daerah iklim tropis. Daerah iklim tropis terdapat di antara 23 1o LU atau tropic of cancer, dan 23 1o LS atau tropic of capricorn. ini mengakibatkan temperatur di Indonesia cukup tinggi (antara 26o – 28oC), curah hujan cukup banyak (antara 700 – 7.000 mm/tahun), terjadi hujan zenital (hujan naik ekuator), dan proses pelapukan batu-batuan cukup cepat serta terdapat berbagai jenis spesies hewan dan tumbuhan. 

Letak astronomis mengakibatkan terjadinya perbedaan waktu kira-kira 3 jam (tepatnya 46 x 4 menit = 184 menit) antara bagian paling timur dan paling barat Indonesia. Sejak tanggal 1 Januari 1988 di Indonesia diberlakukan pembagian daerah waktu yang baru, menggantikan pembagian daerah waktu yang lama yang berlaku sejak 1 Januari 1964. Dengan berlakunya pembagian daerah waktu baru ini, terjadi pergeseran waktu di beberapa tempat. 

Mari kita lihat pembagian daerah waktu di Indonesia sekarang ini. 

Daerah Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) Waktu Indonesia Bagian Barat berdasarkan meridian pangkal 105o BT, meliputi seluruh provinsi di Sumatera, seluruh provinsi di Jawa, Provinsi Kalimantan Barat, dan Provinsi Kalimantan Tengah (mempunyai selisih waktu 7 jam lebih awal dari waktu Greenwich). 

Daerah Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) Waktu Indonesia Bagian Tengah berdasarkan meridian pangkal 120o BT, meliputi Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Selatan, Bali, NTT, NTB, dan seluruh provinsi di Sulawesi (mempunyai selisih waktu 8 jam lebih awal dari waktu Greenwich). 

Daerah Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT) Waktu Indonesia Bagian Timur berdasarkan meridian pangkal 135o BT, meliputi seluruh provinsi di Irian Jaya (Papua), Maluku, dan Maluku Utara (mempunyai selisih waktu 9 jam lebih awal dari waktu Greenwich).

2 Responses to "Letak Astronomis"

  1. If you're looking to lose weight then you need to jump on this totally brand new personalized keto meal plan.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness trainers, and professional chefs joined together to develop keto meal plans that are effective, convenient, money-efficient, and enjoyable.

    From their first launch in early 2019, 1000's of clients have already completely transformed their body and health with the benefits a great keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones given by the keto meal plan.

    ReplyDelete
  2. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160 thousand men and women are losing weight with a easy and SECRET "water hack" to lose 1-2lbs every night while they sleep.

    It is simple and it works on everybody.

    This is how you can do it yourself:

    1) Go grab a clear glass and fill it half the way

    2) Now learn this amazing HACK

    so you'll become 1-2lbs thinner the very next day!

    ReplyDelete